REVITALISASI LOKANANTA MEMAJUKAN INDUSTRI MUSIK

sumber: liputan6.com


Halo Sobat JOBS…

Sebelumnya kalian tahu gak sih, apa itu Lokananta? Nah, Lokananta ini merupakan studio musik pertama, terbesar, dan tertua di Indonesia yang letaknya di Solo, Jawa Tengah. Lokananta disebut sebagai “Titik Nol” musik Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 oleh R. Maladi untuk dijadikan sebagai sentra kreativitas bagi para musisi, seniman, serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Setelah itu, Lokananta mengalami masa kejayaannya sejak tahun 1970–1980-an. Namun sayangnya, di era 1990-an sempat tertinggal perkembangan zaman (IPTEK) sampai akhirnya vakum dan terbengkalai.

sumber: tempo.com

Pada Sabtu, 3 Juni 2023, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, resmi membuka kembali Lokananta setelah 6 bulan direnovasi sejak November 2022. Pembukaan studio musik tersebut dimeriahkan dengan penyelenggaraan Festival Lokananta pada tanggal 3–4 Juni 2023 yang mengundang sejumlah artis lintas generasi. Lokananta dianggap sebagai aset berharga dan bersejarah yang harus dijaga, dimanfaatkan, serta dikembangkan.

“Saya mengunjungi Lokananta tahun lalu, dan sangat prihatin dengan kondisi Lokananta. Padahal nilai historis dan kekayaan intelektual di Lokananta sangat potensial untuk diberdayakan. Melalui program optimalisasi aset–aset yang ada di BUMN, Lokananta kita revitalisasi agar dapat memberikan manfaat dan dampak bagi masyarakat,” ujar Menteri BUMN, Erick Thohir.

sumber: twitter/@kemenbumn

“Lokananta adalah salah satu contoh aset BUMN yang terbengkalai, dan kini berhasil direvitalisasi. Saya meminta Danareksa dan PPA untuk menyiapkan model bisnis yang berkelanjutan, sehingga Lokananta dapat memiliki fondasi yang kokoh untuk dapat terus eksis dan relevan di masa depan,” ucap Erick Thohir.

Dikatakan bahwa, Erick Thohir akan terus mengoptimalkan aset–aset BUMN yang dimiliki dengan penuh pertanggungjawaban agar berdampak besar kepada masyarakat.

sumber: republika.co.id

“Saya mengajak rekan–rekan musisi dan seniman, dengan dukungan dari BUMN, untuk dapat memanfaatkan sebaik–baiknya fasilitas yang tersedia di Lokananta. Gunakan untuk berkolaborasi dan berkarya, sehingga Lokananta dapat memberikan dampak sosial, ekonomi, dan pelestarian budaya Indonesia,” ucap Erick Thohir.

Revitalisasi Lokananta ini merupakan salah satu bukti nyata negara yang memperhatikan sejarah dan menyelamatkan harta karun musik Indonesia. Lokananta harus berperan dan berkontribusi untuk kehidupan para seniman yang terlibat.

sumber: republika.co.id

Lokananta versi baru bergerak dengan visi untuk menjadi creative and commercial hub, yang mana wajah barunya ini memiliki 5 pilar utama, yaitu museum galeri, studio rekaman, live house/arena pertunjukan (panggung amphitheater), area kuliner (F & B), dan galeri UMKM (area ritel kreatif non F & B). Sebagai salah satu cagar budaya, Lokananta diharapkan dapat menjadi penyambung antar generasi, wadah ruang publik, destinasi musik, budaya, dan wisata baru yang menarik sekaligus menginspirasi.

Setelah diresmikan dan dibuka kembali untuk umum, Lokananta sudah memiliki 15 event yang telah dijadwalkan selama dua minggu ke depan. Seperti berupa festival–festival yang akan mendatangkan berbagai musisi, seniman, serta artis dari berbagai lintas generasi. Maka dari itu, mari kita ramaikan dan kunjungi wajah baru Lokananta sebagai salah satu cara untuk mendukung industri musik Indonesia.




Penulis: Nuril Maulidah | Editor: Siti Nurazifah Addiniyah

Tidak ada komentar untuk "REVITALISASI LOKANANTA MEMAJUKAN INDUSTRI MUSIK"