PRABOWO SUBIANTO, MENTERI PERTAHANAN INDONESIA

 

sumber: wikipedia

Halo Sobat JOBS!

Siapa yang tidak mengenal sosok Prabowo Subianto. Pria bernama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo ini merupakan Menteri Pertahanan Republik Indonesia sejak tahun 2019 hingga sekarang. Dan ia juga menjadi Ketua Partai Gerindra, sebelum terjun ke dunia politik, perjalanan karier Prabowo Subianto dimulai dari dunia militer.

Pendidikan

sumber: sindonews.com

Sejak kecil, Prabowo pindah dari satu tempat ke tempat lain di luar negeri, guna memenuhi tanggung jawab orang tuanya. Demikian juga dengan pendidikan dasar hingga menengahnya selalu terjadi perubahan. Ia memulai SD di Hongkong, pindah ke Malaysia, Swiss, dan dia menamatkan sekolah menengah atasnya di American School di Inggris. Kemudian Prabowo bergabung dengan AKBARI di Magelang, Jawa Tengah.

Karier Militer

sumber: tribunnews.com

Setelah lulus dari Akademi Militer Magelang, ia memulai karir militernya di TNI Angkatan Darat sebagai letnan dua. Dari tahun 1976 hingga 1985, Prabowo menjadi komandan Pasukan Sandi Yudha atau Kopassandha, pasukan khusus angkatan darat saat itu. Salah satu tugas pertamanya yaitu sebagai Komandan Pleton pada Grup l/Para Komando yang menjadi bagian dari pasukan operasi Nanggala di Timor Timur.

Di usia 26 tahun, Prabowo menjadi salah satu Komandan Pleton termuda dalam operasi. Ia juga berperan besar dalam memimpin misi penangkapan Nicolau dos Reis Lobato, pemimpin Fretilin dan Perdana Menteri selama Operasi Seroja.

Tahun 1985, Prabowo menjadi Wakil Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 328. Tahun 1991, Prabowo menjabat sebagai Kepala Staf Brigade Infanteri Lintas Udara 17 yang bermarkas di Cijantung.

Pada Desember tahun 1995, Prabowo diangkat sebagai komandan Jenderal Kopassus dengan pangkat Mayor Jenderal. Salah satu misi pertamanya adalah operasi pembebasan sandera Mapenduma.

Tanggal 20 Maret 1998, Prabowo diangkat menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkat Darat, menggantikan ayah mertuanya yaitu Presiden Soeharto.
 
Pada tanggal 21 Maret 1998, Presiden Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya dan digantikan oleh Habibie yang langsung dilantik pada hari yang sama. Siangharinya Prabowo menemui Habibie dan memintanya agar menunjuk Prabowo sebagai panglima ABRI menggantikan Wiranto. Namun Habibie memberhentikan Prabowo dari jabatannya sebagai panglima Kostrad.

Karier Bisnis

sumber: detik.com

Setelah meninggalkan kariernya di dunia militer, Prabowo memutuskan untuk merambah dunia bisnis. Dalam berbisnis, beliau berpengalaman mengelola 27 perusahaan di Indonesia maupun di luar negeri.

Industri yang digelutinya juga beragam. Mulai dari produksi minyak kelapa sawit sebagai CEO PT Tidar Kerinci Agung, industri migas, pertambangan, pertanian, dan kehutanan di PT Nusantara Energi, hingga bidang perikanan melalui PT Jaladri Nusantara.

27 perusahaan yang ia kuasai tersebut berada di bawah Nusantara Group yang ia miliki. Pada awalnya, Prabowo membeli perusahaan Kiani Kertas. Kemudian mengganti namanya menjadi Kertas Nusantara dan membawahi perusahaan di berbagai bidang tersebut.

Karier Politik

sumber: cnnindonesia

Pada tahun 2008, Prabowo bersama adiknya Hashim Djojohadikusumo, mantan aktivis mahasiswa Fadli Zoni dan mantan Deputi Penggalangan Dana Intelijen Negara V. Muchdi Purwoprapandjono dan beberapa nama lainnya mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya yang juga dikenal dengan nama Partai Gerindra.

Di tahun 2009, Prabowo berhasil maju menjadi cawapres bersama Megawati Soekarnoputri sebagai capresnya. Saat mencalonkan diri tersebut, ia menjadi cawapres terkaya dengan kekayaan triliunan rupiah.

Meski tahun 2009 merupakan tahun pertama ia sukses mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden, ia pertama kali terjun di dunia politik saat bergabung dengan Partai Golkar di tahun 2004. Bahkan, namanya masuk dalam bursa calon presiden Golkar pada tahun yang sama, tetapi dia kalah dari Wiranto.

Setelah gagal di tahun 2009, Prabowo kembali mencalonkan diri kali ini sebagai calon presiden dari Partai Gerindra di tahun 2014 dengan cawapres Hatta Rajasa. Belum berhasil menang, di pilpres selanjutnya (2019) Prabowo kembali mencalonkan diri dengan wakil Sandiaga Uno. Sayangnya, Prabowo kembali gagal dan Joko Widodo lah yang mendapatkan suara terbanyak dua kali berturut-turut.

Namun, di tahun yang sama, yakni 2019, Presiden Jokowi mengangkat Prabowo sebagai Menteri Pertahanan Indonesia di Kabinet Indonesia Maju. Ia karena memiliki pengalaman pada bidang tersebut.

Prestasi Prabowo
sumber: kompas.com

Prabowo mendapat penghargaan Outstanding Leader In National Defense & Security di Ajang Indonesia Awards. Penghargaan ini diberikan kepada para tokoh pemimpin nasional, daerah dan lembaga di Indonesia yang telah berjuang melalui masa-masa kritis.

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto juga menerima empat bintang kehormatan yang disematkan oleh Panglima TNI dan tiga kepala staf angkatan di Ruang Hening, Kemhan, Jakarta, pada Senin (15/8/2022).

Nah sobat JOBS! Itu tadi sedikit profil singkat mengenai bagaimana perjalanan hidup dari seorang Prabowo Subianto yang saat ini tengah menjabat sebagai Menteri Pertahanan Indonesia.





Penulis: Suleman Satrio Buwono | Editor: Siti Nurazifah Addiniyah

Tidak ada komentar untuk "PRABOWO SUBIANTO, MENTERI PERTAHANAN INDONESIA"