MENJAUHKAN DIRI DARI INTERNET, APAKAH BISA?

 

sumber: detik.com

Halo Sobat JOBS!

Hari gini masih ngomong gak terhubung sama internet? semakin ke sini kita semakin kecanduan dengan internet. Memang, karena perkembangan teknologi, digitalisasi dan segala aspek kehidupan yang mengharuskan diri kita untuk terhubung dengan internet. Tapi, apakah harus selalu terhubung? Apakah tidak ada jeda, agar kita dapat melakukan hal lain, atau kita malah bingung ketika tidak terhubung dengan internet? Bingung mau melakukan apa di dunia nyata?

Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya dirancang untuk membantu masyarakat dalam berkomunikasi. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, media sosial justru memberikan dampak negatif.

Jika sudah merasakan ketergantungan terhadap media sosial, ada beberapa tips yang perlu diingat untuk mengatasi kecanduan media sosial. Cara ini sangat penting untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dan terhindar dari efek negatif media sosial. Berikut beberapa tips nya!

Tips - Tips Menjauhkan Media Sosial

sumber: kompas.com

Jauhkan kamar tidur dari perangkat elektronik. Jangan membawa ponsel, tablet, atau TV ke dalam kamar tidur. Telah dibuktikan bahwa cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik dapat mengganggu pola tidur seseorang. Bahkan, kebanyakan orang tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

Tempatkan komputer di ruang ruang komputer atau area kerja. Kamar tidur, ruang lain dan setiap sudut rumah harus terhindar dari perangkat elektronik. Letakkan pula pengisi daya ke ruang komputer. Ketika baterai perangkat perlu diisi, tinggalkan perangkat tersebut di dalam ruang komputer. Sebab kita akan terganggu oleh kebisingan dan getaran pengisi daya.

Buat sebuah kelompok "penjauh internet". Untuk satu jam dalam setiap minggu, aturlah pertemuan dengan anggota-anggota kelompok tersebut tanpa perangkat elektronik baik itu ponsel maupun komputer. Menjauhi internet akan menjadi lebih mudah bila kita memiliki teman-teman dengan minat yang sama.

sumber: kalderanews.com

Saat terbebas dari media sosial yang berlebihan, luangkan waktu sejenak untuk memberikan selamat dan apresiasi kepada diri sendiri, sekaligus mengawasi diri agar bisa menjadi lebih baik. Kita dapat membeli makanan yang kita sukai atau mengunjungi tempat-tempat yang disukai. Semuanya dilakukan untuk membuat kita semakin termotivasi untuk melakukan detoksifikasi digital demi kebaikan diri.

Nah, itu tadi beberapa tips mengatasi kecanduan atau ketergantungan terhadap aplikasi media sosial yang bisa Sobat JOBS ikuti. Semoga dengan mengikuti beberapa tips di atas akan membuat kalian lebih bahagia.






Penulis: Bekarni Zai | Editor: Siti Nurazifah Addiniyah

Tidak ada komentar untuk "MENJAUHKAN DIRI DARI INTERNET, APAKAH BISA?"