BIOETANOL, JENIS BBM BARU YANG AKAN DILUNCURKAN PERTAMINA

Sumber: Instagram.com/nicke_widyawati

Halo Sobat JOBS!

PT Pertamina (Persero) siap meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru yaitu bioetanol yang merupakan campuran pertamax dengan pengolahan nabati bioetanol. Kabar perilisan bioetanol mencuat dari direktur utama pertamina Nicke Widyawati, ia menyebutkan BBM jenis baru ini akan diluncurkan Juni 2023 ini.

Setelah sebelumnya sudah memiliki enam jenis BBM, PT Pertamina Persero kembali menambah jenis BBM baru, enam BBM milik Pertamina Persero tersebut yakni, Pertalite, Solar, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex (Pertadex), untuk BBM jenis baru yang akan diluncurkan pada bulan ini adalah bioetanol, simak penjelasan mengenai bioetanol berikut.

Sumber : kargoku.id
Apa itu bioetanol? Bioetanol sebagai satu langkah transisi energi guna mewujudkan kemandirian enegi Indonesia di samping menurunkan karbon emisi yang keluar dari kendaraan dan diklaim menjadi ramah lingkungan. Bioenergi tersebut diluncurkan untuk mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi fosil, karena bioetanol termasuk salah satu bentuk energi terbarukan yang dapat diproduksi oleh tumbuhan melalui proses fermentasi molases.

Etanol sendiri dapat dibuat dari tanaman-tanaman yang umum, hadirnya pertamax bioetanol berkat penambahan komposisi kandungan alami salah satunya tebu. Proses pembuatan etanol  dari tebu sendiri tidak akan mengganggu produksi dari pabrik gula, pasalnya pihaknya hanya akan mengambil  tetes tebu, sehingga operasional pabrik gula tidak terganggu.  Selain itu, bioetanol juga bisa dibuat dari singkong dan jagung yang sumber dayanya cukup besar di Tanah Air.

PT Pertamina masih memastikan BBM bioetanol telah dinyatakan lolos uji jalan dan uji kendaraan. Sementara itu, uji coba nya telah dilakukan di Surabaya, Jawa Timur, dan diharapkan pengujian dapat dilakukan di tempat lain di seluruh Indonesia di masa mendatang.




Penulis:  Niken Damayanti | Editor: Siti Nurazifah Addiniyah




 



 




Tidak ada komentar untuk "BIOETANOL, JENIS BBM BARU YANG AKAN DILUNCURKAN PERTAMINA"