6 FAKTA DAN KESERUAN FORMULA E JAKARTA 2023

Halo Sobat JOBS!

Formula E 2023 kejuaraan dunia balap mobil bertenaga listrik kembali digelar selama dua hari pada Sabtu (3/6/2023), serta double header Formula E Jakarta yang akan ditutup dengan balapan seri ke-11 yang dilanjutkan pada Minggu (4/6/2023). Acara ini diadakan di Royal Suite, Jakarta International E-Prix Circuit, (JIEC) di Ancol, Jakarta Utara.

sumber: Instagram.com/fiaformulae

Ajang balap mobil listrik terbesar di dunia ini memiliki beberapa fakta dan keseruan dari penyelenggaraannya tersebut. Berikut fakta-fakta dari Formula E 2023.

1. Dikejutkan dengan kehadiran Anies dan keluarganya yang ikut menonton

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu hadir di lokasi Formula E Jakarta, Sabtu (3/6). Bersama istrinya, Fery Farhati, dan putrinya, Mutiara Anies Baswedan, serta menantunya, Ali Saleh Alhuraiby, dia datang sebagai penonton biasa dan menempati tribun grand-stand yang berarti bukan tempat untuk penonton VIP.

sumber: Instagram.com/aniesbaswedan

2. Formula E menggunakan mobil generasi baru

Berbeda dengan edisi sebelumnya, para pembalap memakai mobil generasi baru pada gelaran Formula E Jakarta 2023 akhir pekan ini, sebagai peluncuran tampilan baru di musim kesembilannya. Salah satunya dari mobil Gen3. Gen3 adalah mobil balap listrik tercepat, teringan, paling bertenaga dan paling efisien yang pernah dibuat. Mobil tersebut melakukan debut kompetitifnya pada putaran pertama di Mexico City pada 14 Januari yang lalu, setelah pengujian pra-musim dilakukan sebelumnya di Valencia. 

3. Porsche keluhkan cuaca panas di Formula E jakarta

Test and Reserve Driver Tim Prosche, Simone De Silvestro, juga mengungkapkan bahwa tantangan yang dihadapi timnya sejak latihan bebas hingga kualifikasi. Menurutnya, cuaca panas menjadi batu sandungan yang cukup besar bagi para pembalap 

4. Jumlah sponsor lebih sedikit

Pada tahun 2022, acara tersebut dapat memperoleh 31 sponsor, dengan ketua pelaksana yaitu Ahmad Sahroni, yang saat itu beliau bekerja sama dengan PT Jakarta Propetindo selaku penyelenggara, saat itu belum ada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terlibat. Sedangkan Formula E 2023 hanya mempeoleh 19 sponsor, mulai dari perusahaan swasta hingga BUMN, ketua pelaksana Formula E 2023 adalah Ananda Mikola.
Sponsor utama Formula E 2023 adalah perusahaan gula Gulavit, serta BUMD, yakni bank DKI, JakOne Mobile, dan aplikasi layanan video streaming bernama Bigo Live.

5. Pascal Wehrlein Juara Balap Pada Race 1

Pascal Wehrlein berhasil menjuarai balapan pertama Formula E Jakarta 2023. Pembalap Tag Heuer Porsche itu melintasi garis finish pertama pada putaran ke-10. Memulai balapan dari posisi ketiga, dia mengungguli Jake Dennis dan Maximilian Gunther (Maserati) yang finish di posisi kedua dan ketiga.

sumber: Instagram.com/porsche.motorsport

6. Sebanyak 22 pembalap dari 11 tim berbeda yang diterjunkan untuk menguji aspal JIEC di Formula E jakarta 2023.

Formula E Jakarta sendiri akan dihadiri 11 tim balap mobil listrik dari 8 negara di dunia, hingga kemarin seluruh tiket kejuaraan ludes terjual atau sold out. Bahkan tiket VIP yang harganya belasan hingga puluhan juta rupiah pun sudah habis lebih dulu.
Deretan nama yang sebelumnya dikenal sebagai jebolan F1, mulai dari Stoffel Vandoorne, Lucas di Grassi, hingga Pascal Wehrlein, juga turut meramaikan acara bergengsi yang digelar di Ancol tersebut.

7. Maxmilian Gunther memenangkan Formula E di seri 11

sumber: Instagram.com/maseratimsg

Pembalap Maserati MSG Racing, Maxmilian Gunther, berhasil menjuarai Race 2 Formula E seri 11 Jakarata 2023, yang diselenggarakan di Jakarta International, Minggu (4/6). Pencapaian tersebut melengkapi penampilannya pada Formula E tahun ini di DKI Jakarta, setelah menjadi yang tercepat di tiga sesi latihan bebas serta dua babak kualifikasi.




Penulis: Niken Damayanti | Editor: Siti Nurazifah Addiniyah

Tidak ada komentar untuk "6 FAKTA DAN KESERUAN FORMULA E JAKARTA 2023 "