PUASA SAAT MUDIK? 5 TIPS AMAN PUASA SAAT MUDIK

 

sumber: makassar.tribunnews.com

Halo Sobat JOBS!

Gimana nih puasanya? Semoga pada lancar ya…

Mengingat Lebaran sebentar lagi, masyarakat pun mulai menyiapkan diri untuk mudik. Mulai dari mempersiapkan kendaraan, hingga kebutuhan Lebaran untuk pergi ke kampung halaman nanti.

Sobat JOBS, apa kalian tahu? kalau kita tidak diwajibkan untuk berpuasa saat dalam perjalanan jauh. Karena ketika kita melakukan puasa saat melakukan perjalanan jauh akan menghabiskan banyak enegi. Tapi kalau kalian ingin tetap berpuasa boleh boleh aja. Berikut beberapa tips mudik saat puasa di Bulan Ramadhan.


1. Jaga Stamina Tubuh 

Hal yang sangat penting adalah selalu menjaga tubuh agar tetap fit selama melakukan perjalanan jauh. Ada baiknya mulai mempersiapkan stamina jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Ingatlah, hanya diri kita sendiri yang mengetahui kondisi tubuh kita. Jadi, jika ingin tetap berpuasa saat melakukan perjalanan jauh, perhatikan kondisi tubuh agar stamina tetap terjaga selama perjalanan. Saat sahur dan berbuka, konsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin C dan zinc untuk memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah dan sakit.

 

2. Lakukan Perjalanan Malam

sumber: bengkuluekspress.disway.id

Jika tidak ingin terlalu lelah dan tetap segar selama perjalanan, sebaiknya memulai perjalanan pada malam hari. Selain tidak terpapar sinar matahari yang bisa membuat cepat kekurangan cairan, tenaga yang dimiliki masih banyak karena baru saja berbuka puasa. Selain itu, saat haus atau lapar di perjalanan, kita bisa minum dan makan dengan mudah. Dengan begitu, kadar gula darah kita akan kembali normal, sehingga bisa lebih fokus di perjalanan.

 

3. Pilihlah Makanan dan Minuman yang Sehat

sumber: dasaeon.com

Jangan selalu membeli makanan dan minuman di pinggir jalan, karena kualitasnya belum tentu terjaga dengan baik. Bagi para pemudik yang akan membawa makanan sendiri, usahakan membawa makanan kering. Perlu diperhatikan, bahwa makanan basah atau nasi dan lauk-pauk yang dibawa tidak boleh dikonsumsi kurang dari 6-8 jam setelah pembuatan.

 

4. Selalu Sedia Obat-Obatan

sumber: m.klikdokter.com

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan, maka kita harus selalu membawa obat-obatan pribadi maupun P3K. Terlebih kondisi orang yang berpuasa relatif rentan. Bisa jadi kita memerlukannya sebagai pertolongan pertama. Beberapa obat yang bisa dibawa seperti obat sakit kepala, minyak angin, obat anti-mabuk, kasa, dan obat merah.


5. Istirahat Sejenak Ketika Merasa Lelah

sumber: berita.99.co

Kecelakaan lalu lintas banyak terjadi selama perjalanan jauh adalah karena pengemudinya mengantuk dan kelelahan. Lebih baik jangan dipaksa untuk terus berkendara. Jika memang kondisi kita sudah mulai lelah, istirahatlah sejenak walaupun hanya 5 menit. Lemaskan otot-otot tubuh yang telah kaku karena duduk terlalu lama.

Bagi pemudik yang membawa kendaraan sendiri, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang siap membawa kendaraan secara bergantian. Sehingga bisa bergantian menyetir kendaraan.

 

Sobat JOBS, itulah beberapa tips agar kalian selalu aman dan sehat selama melakukan puasa saat mudik. Kalian udah punya rencana untuk mudik? Atau memilih untuk menetap? Apapun pilihan kalian, jaga selalu kesehatan dan berkendaralah dengan aman. Sampai Jumpa. 





Penulis: Siti Nurazifah Addiniyah | Editor: Aldo Prakasa

Tidak ada komentar untuk "PUASA SAAT MUDIK? 5 TIPS AMAN PUASA SAAT MUDIK"