MAKANAN YANG MUNCUL DI DRAMA KOREA, BUAT PENONTON TERGIUR

Hai Sobat JOBS!

Bagi pecinta drama korea, pasti udah gak asing lagi dengan adegan makan-makan yang pastinya membuat kalian ingin mecobanya. Di Indonesia, beberapa tahun terakhir ini mudah ditemui beragam kuliner khas Negeri Ginseng tersebut, bahkan rasanya sudah diadaptasi agar cocok dengan lidah orang Indonesia. Berikut ini deretan makanan yang muncul di drama korea yang membuat penonton tergiur. Apakah itu?

sumber: rollingstoneindia.com
1. Kimchi

Kimchi merupakan makanan khas Korea yang berbahan dasar sawi putih dan sayuran lain hasil fermentasi. Kimchi biasanya disajikan sebagai pendamping makanan Korea yang memiliki rasa asam dan pedas. Kimchi semakin populer karena sering muncul dalam K-drama, yang memperkenalkannya kepada penonton di seluruh dunia. Sehingga membangkitkan rasa ingin tahu kita terhadap bentuk, aroma dan rasanya. Contohnya pada adegan ikonik ‘Boys Over Flowers’, di mana Jun Pyo sangat kagum kepada keluarga Jan Di yang membuat kimchi bersama. Tindakan tersebut merupakan pengalaman yang tidak pernah dirasakan oleh Jun Pyo dalam kehidupan sehari-harinya. 

sumber: harpersbazaar.co.id&whateverpapeaje.blogspot.com
2. Bibimbap

Dalam berbagai drama Korea, kalian pasti pernah melihat aktor dan aktris yang menikmati semangkuk besar nasi dengan berbagai sayuran, telur, dan daging yang dicampur dengan saus gochujang. Makanan ini dikenal dengan nama Bibimbap, bibim artinya mencampur dan bap berarti nasi. Jadi, bibimbap adalah nasi dengan berbagai sayuran, telur, dan daging yang dicampur dengan saus gochujang.

Salah satu drama Korea yang memperlihatkan adegan menyantap bibimbap yaitu ‘Full House’. Dalam serial drama Full House Han Ji Eun (Song Hye Kyo) membuat bibimbap dalam mangkuk besar ketika suami kontraknya Lee Young Jae (Rain) tidak makan malam dirumah. Walau visual yang ditampilkan dari bibimbap tampak tak meyakinkan, namun rasanya boleh diadu dengan menu makanan yang memerlukan tingkat pembuatan yang rumit. Mengamati para tokoh melahap sesendok demi sesendok nasi campur tersebut, membuat penonton merasa lapar. Penonton jadi terpancing untuk memakan bibimbap juga.

sumber: id.pinterest.com
3. Odeng

Odeng adalah cemilan khas korea, berupa lembaran fish cake yang rasanya gurih lalu ditusuk dengan tusukan panjang. Odeng dimasak dengan kuah kaldu gurih, yang terbuat dari campuran kecap asin, ikan teri, rumput laut, dan bumbu lainnya. Odeng paling nikmat disantap saat musim dingin. Jajanan Korea ini banyak dijual di kaki lima, seperti di kawasan Myeongdong, Gwangjang Market, Dongdaemun, dan lainnya. Beberapa kali jajanan Korea ini masuk dalam adegan di drakor. Salah satunya drama berjudul 'Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo' yang dibintangi oleh Lee Sung Kyung dan Nam Joo Hyuk.

sumber: twitter.com
4. Chimaek

Chimaek, gabungan kata dari chicken (ayam) dan maekju (bir) adalah makanan yang sering muncul di drama-drama korea. Ayam goreng ala Korea ini sering menjadi pilihan untuk cemilan yang mengenyangkan ditambah minuman soda dingin atau segelas bir. Kerenyahan ayam yang dibalut dengan tepung crispy bisa membuat siapa saja yang melihatnya ingin ikut mencicipi. Selain itu, ada beberapa jenis varian bumbu dan rasa ayam goreng yang populer saat ini seperti honey chicken, garlic chicken, boneless chicken, cheese chicken, dan masih banyak lagi. makanan ini juga muncul di drama ‘My Roommate Is a Gumiho’. Chimaek menjadi makanan favorit ketika sedang berkumpul bersama teman-teman sambil menonton film di malam hari. Bahkan menikmati chimaek sudah lazim dimakan kapan saja baik itu siang hari maupun malam hari, sambil liburan di taman atau di pantai bersama keluarga. 

sumber: id.theasianparent.com
5. Ppopgi

Ppopgi atau sering disebut permen dalgona merupakan permen tradisional Korea yang dibuat dari lelehan gula dan soda kue. Permen ini memiliki karakteristik berupa cetakan bentuk di tengahnya. Permen dalgona pertama kali dibuat pada masa Pasca-Perang Korea, dimana permen tersebut muncul sebagai alternatif cemilan untuk anak-anak Korea Selatan yang sebelumnya terbiasa mendapatkan cokelat pemberian tentara Amerika Serikat. 

Permen dalgona ini muncul sebagai salah satu tantangan permainan dalam drama ‘Squid Game’. Di mana para pemain harus memecahkan permen tersebut dan bentuk tertentu seperti bintang, segitiga, dan lingkaran di bagian tengahnya harus tetap utuh dan tidak rusak. Jika gagal mereka akan tereliminasi dan gugur dari permainan yang merebutkan uang tunai 45,6 miliar won. Akibat popularitas drama Squid Game, penjualan permen dalgona di Korea Selatan dikabarkan meningkat dan muncul tren di media sosial dimana orang-orang mengunggah percobaan mereka untuk membuat dalgona serta memisahkan bentuk di tengah permen.

Nah Sobat JOBS!
Dari kelima makanan di atas, mana nih yang pernah kalian makan dan mana yang belum?









Penulis: Siti Nurazifah Addiniyah | Editor: Aldo Prakasa

Tidak ada komentar untuk "MAKANAN YANG MUNCUL DI DRAMA KOREA, BUAT PENONTON TERGIUR"