Fakta Menarik Film “Avatar 2: The Way of Water" yang Menelan Biaya 6,2 Triliun

sumber: hollywoodreporter.com

Hai Sobat JOBS!

Film Avatar: The Way of Water sudah tayang di bioskop-bioskop Indonesia mulai Rabu, 14 Desember 2022. Dan katanya nih, biaya pembuatan film ini diperkirakan mencapai USD350-400 juta atau sekitar Rp5,5-6,24 triliun. Anggaran ini jauh lebih tinggi dibandingkan biaya pembuatan film Avatar pertama yang mencapai USD237 juta atau sekitar Rp3,7 triliun.

Avatar: The Way of Water juga melesat di Box Office pada hari pembukaannya dengan pendapatan kotor sebesar US$53 juta (Rp821 miliar) yang didapatkan dari 4.202 bioskop. Angka tersebut menduduki peringkat ke-6 pendapatan kotor domestik hari pertama tertinggi pada tahun 2022. Namun pendapatan Avatar: The Way of Water jauh lebih tinggi dibandingkan hari pembukaan film Avatar pertama pada 2009 yang mencapai US$26,7 juta atau sekitar Rp413 miliar. Hal itu karena proses produksi yang luar biasa. 

Selain itu ada faktor kesuksesan film James Cameron sebelumnya, Titanic. Sutradara, James Cameron, mengungkapkan inspirasi terbesarnya dalam menciptakan kehidupan bawah laut dari film Avatar: The Way of Water. Yang sebagian besarnya terinspirasi dari pengalaman menyelamnya saat memasuki Twilight Zone dengan kedalaman 700-3.280 kaki di dalam air. 

Nah, dibalik populernya film Avatar: The Way of Water ini, sebenarya ada fakta- fakta menarik yang wajib kalian tahu. Apa sih fakta menariknya? Yuk kita simak selengkapnya!



1. Film sekuel Avatar setelah 13 tahun

sumber: celebrities.id


Melihat judulnya saja kalian pasti tahu kalau film Avatar 2: The Way of Water ini merupakan sekuel dari film pertamanya, yaitu Avatar (2009). Tercatat rentang waktu antara kedua film garapan James Cameron ini berjarak sekitar 13 tahun, lho.
Jarak waktu yang cukup lama ini sempat membuat khawatir karena takut banyak orang yang kehilangan minat untuk menontonnya. Ternyata, trailer pertama film ini justru sukses mendapatkan respon positif dari jutaan penonton di seluruh dunia.


2. Pertarungan kembali dengan kaum manusia

sumber: pinterest

Kehidupan bahagia yang Jake Sully rasakan setelah 14 tahun tinggal di planet Pandora kembali terusik. Nampaknya, kebangkitan kekuatan jahat serta dendam yang dimiliki umat manusia kembali membuat mereka ingin menguasai sumber daya di planet Pandora. Oleh karena itu, film Avatar 2 akan kembali menghadirkan pertempuran antara suku Pandora dan kaum manusia. Wah, menarik sekali, ya!

3. Memunculkan sudut pandang yang lebih indah dari Pandora

sumber: pinterest

Ingin menjadi film terlaris abad ini, Avatar 2 nampaknya akan menampilkan keindahan planet Pandora dari sudut pandang yang lebih indah. Dengan bantuan teknologi CGI yang lebih canggih, film ini dapat memanjakan mata dengan sinematografi yang indah.
Tidak hanya itu, film ini nantinya juga akan menampilkan karakter makhluk-makhluk baru yang tidak kalah unik, lho. Penasaran dengan sosok barunya, bukan?


4. Menjadi film dengan biaya termahal

sumber: koimoi.com

Tidak heran kalau film Avatar 2: The Way of Water menjadi film dengan biaya termahal. Bagaimana tidak, film ini kabarnya telah menghabiskan biaya sebesar Rp14 triliun karena ingin memberikan kualitas yang terbaik. Bahkan, film Avatar 2 memberikan usaha maksimal dengan menghadirkan lokasi syuting bawah air yang membutuhkan sekitar 3,4 juta liter air. Wah, dengan biaya sebesar ini, tentu kualitasnya tidak boleh kamu ragukan lagi, ya!

5. Syuting di bawah air 

sumber: ew.com

Demi mencapai tujuannya menjadi film terlaris abad ini, sutradara Avatar 2 melakukan sesuatu yang cukup menghebohkan. Kabarnya, syuting film Avatar 2 sebagian besar berlangsung di bawah air.











Penulis: Triyo Bagus Witjaksono | Editor: Siti Nurazifah Addiniyah

Tidak ada komentar untuk "Fakta Menarik Film “Avatar 2: The Way of Water" yang Menelan Biaya 6,2 Triliun"