MENANTI IZIN KONSER

 




Hallo Sobat JOBS !

Belum lama ini pelaku dan penikmat industri kreatif disibukkan dengan isu mengenai penerbitan izin konser musik tatap muka. Hal ini kemudian memberikan harapan baru untuk kembalinya gelaran musik setelah terhenti dengan waktu yang cukup lama. Beberapa instansi terkait kemudian mengadakan rapat daring bersama para perwakilan industri musik. 

Sebelumnya, 14 asosiasi pekerja pertunjukan kreatif termasuk Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) mengirim surat terbuka berisi permintaan izin digelar kembali seni pertunjukan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kapolri, Komisi X DPR, Menteri Kesehatan, serta Ketua Satgas COVID-19 Nasional.


Youtube Themajors Tv

Anas Syahrul Alimi selaku Ketua Bidang Jaringan dan Pemberdayaan APMI mengungkapkan pihaknya pernah membuat simulasi konser musik dengan standar CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) di beberapa kota pada Desember lalu. Ia juga berharap sektor seni bisa segera diberikan kesempatan, menimbang sektor lain seperti kuliner dan bioskop yang sudah lebih dulu mendapatkan izin.

Pada Selasa (9/3) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno kemudian membenarkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberi dukungan terkait penyelenggaraan acara yang melibatkan orang dalam jumlah banyak. Namun, dengan catatan tetap mematuhi unsur CHSE.



Walaupun dukungan sudah didapatkan, Polri masih menunggu adanya arahan yang dikeluarkan terkait perizinan konser musik, acara olahraga, MICE (Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions) sampai acara budaya.

Pandemi COVID-19 di Indonesia memberikan dampak yang signifikan pada semua aspek di industri kreatif. Selama tahun 2020, APMI menghitung sekitar Rp 1,2 Triliun potensi pendapatan yang hilang dari semua event musik di Indonesia.

Wah Sobat JOBS, selalu kita harapkan pandemi segera berakhir dan semua sektor terutama industri kreatif bisa kita nikmatin serta berjalan normal kembali ya!









Penulis : Addinda Salsabila Zen | Editor : Dian Riska

 

Tidak ada komentar untuk "MENANTI IZIN KONSER"