GENOSE, TES COVID-19 DENGAN HEMBUSAN NAPAS

 

sumber: mipa.ugm.ac.id





Hai Sobat JOBS !

Setelah hampir satu tahun beriringan dengan COVID-19 di Indonesia, peralatan kesehatan semakin berkembang. Salah satunya GeNose (Gadjah Mada Electronic Nose), alat tes COVID-19 hasil buatan para ahli dari Universitas Gadjah Mada. Akurasi GeNose diklaim bisa mencapai 97 persen.

Untuk proses kerjanya, GeNose menggunakan Volatile Organic Compound (VOC) untuk mendeteksi. VOC sendiri merupakan senyawa organik dengan tekanan uap yang tinggi pada suhu ruangan. Seseorang yang dites akan menghembuskan napasnya ke dalam wadah plastik, kemudian diidentifikasi keberadaan VOC melalui sensor. GeNose memerlukan waktu mendeteksi kurang lebih 80 detik. Nantinya, hasil tes dinyatakan reaktif apabila ditemukan pola senyawa VOC. 

Kementerian Kesehatan memberikan Izin Edar Darurat untuk GeNose dengan catatan pemasaran dan penggunaan yaitu harus lolos uji klinis yang pelaksanaannya diatur dalam Permenkes Nomor 63 tahun 2017 tentang Cara Uji Klinik Alat Kesehatan yang Baik. 


sumber: ugm.ac.id




Namun, perlu diingat GeNose hanya berfungsi sebagai alat screening untuk menemukan senyawa yang dihasilkan oleh virus COVID-19, bukan mendeteksi atau diagnosis keberadaan virus tersebut secara langsung. Tes PCR masih disarankan sebagai tes yang lebih efektif.

Rabu (3/2) dalam konferensi pers peninjauan uji coba penerapan GeNose di Stasiun Pasar Senen, Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro mengatakan, “GeNose ini tidak didesain untuk menggantikan tes PCR, GeNose ini adalah untuk screening. Mudahnya, GeNose ini sebagai pengganti yang jauh lebih baik daripada thermometer”.

Mulai Jumat (5/2) PT. KAI resmi menggunakan GeNose sebagai salah satu pilihan syarat perjalanan kereta api jarak jauh. Pemeriksaan melalui GeNose tersedia di Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Yogyakarta, dan Stasiun Solo Balapan. Tes GeNose sendiri dibanderol dengan harga 15-25 ribu rupiah. Untuk mendapatkan layanan GeNose di stasiun, calon penumpang akan diminta untuk menunjukkan tiket kereta api jarak jauh atau kode pemesanan yang sudah dilunasi dan kartu identitas asli. Calon penumpang dianjurkan tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang beraroma tajam, serta tidak merokok 30 menit sebelum tes.








Penulis : Addinda Salsabila Zen

Tidak ada komentar untuk "GENOSE, TES COVID-19 DENGAN HEMBUSAN NAPAS"