PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 JATUH DI WILAYAH KEPULAUAN SERIBU !

 




Hai Sobat JOBS!

Pesawat Sriwijaya Air Boeing 737-500 dengan kode airline SJ-182 dinyatakan hilang kontak pada Sabtu (9/1) pukul 14.40 WIB. Pesawat berisi total 62 jiwa, dengan 40 orang penumpang dewasa, 7 anak-anak, 3 bayi, 6 kru aktif dan 6 kru ekstra. Pesawat kemudian dipastikan jatuh di wilayah Perairan Kepulauan Seribu, di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang.


KRONOLOGI

Dalam konferensi pers pada Sabtu malam, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi menjelaskan pesawat Sriwijaya Air lepas landas dari Bandar Udara Soekarno-Hatta pada pukul 14.36 WIB, lalu pada pukul 14.37 WIB pesawat masih berada di ketinggian 1700 kaki, dan diizinkan naik dengan mengikuti standar instrumen ke ketinggian 29 ribu kaki. Kemudian, sekitar pukul 14.40 WIB, ATC (Air Traffic Control) melihat Sriwijaya Air SJ-182 mengarah ke Barat Daya, bukan arah tujuan seharusnya. Tercatat pesawat mencapai ketinggian 10.900 kaki, sebelum pesawat kemudian kehilangan ketinggian secara drastis dalam hitungan detik dan hilang dari radar. Sebelumnya, pesawat mengalami keterlambatan atau delay karena kondisi cuaca.


sumber : thejakartapost.com


Tim Basarnas (Badan Search and Rescue Nasional) berkoordinasi dengan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) mulai melakukan pencarian dan investigasi lokasi yang diduga menjadi tempat jatuhnya pesawat pada Sabtu (9/1) malam. Pada Minggu (10/1) saat artikel ditulis, Basarnas sudah menyerahkan beberapa kantong puing pesawat serta 16 kantong jenazah berisi potongan tubuh manusia yang diduga sebagai penumpang Sriwijaya Air SJ-182 pada DVI (Disaster Victim Identification) dan KNKT. Kantong jenazah sementara berada di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, untuk nantinya diidentifikasi melalui data post mortem dan ante mortem. Sinyal lokasi ‘Blackbox’ pesawat sudah terdeteksi, namun belum dilakukan pengangkatan dari dasar laut. 


sumber : nytimes.com



sumber : nytimes.com


Sriwijaya Air memberikan akomodasi berupa hotel di sekitar Bandara Supadio Pontianak dan posko di beberapa lokasi yang menjadi tempat pencarian informasi (Rumah Sakit Polri, Bandara Soekarno-Hatta) untuk para keluarga korban. Keluarga juga sudah diminta untuk mengumpulkan data pribadi korban yang menjadi penumpang Sriwijaya Air SJ-182 untuk keperluan identifikasi.


sumber : bbc.com



Segenap keluarga JOBS mengucapkan turut berduka cita atas peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan.

 


Penulis : Addinda Salsabila Zen

Tidak ada komentar untuk "PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 JATUH DI WILAYAH KEPULAUAN SERIBU !"