Mengenal Sedikit Tentang Presiden Republik Jancukers

 






Hallo Sobat JOBS !

Sujiwo Tejo merupakan salah satu seniman asal Indonesia yang berasal dari Jember ,Jawa Timur. Namanya kini semakin dikenal akhir-akhir ini, lantaran sering diundang dibeberapa stasiun televisi dan platfrom media lainnya. Tutur bahasa yang berkelakar serta pemikiran-pemikirannya yang 'gila' dan out of the box meupakan salah satu ciri khas yang menarik dari dirinya.

Orang yang lahir pada tanggal 31 Agustus 1962 ini memiliki nama asli Agus Hadi Sudjiwo dan dikenal sebagai seniman yang multitalenta, selain sering dikenal sebagai Seniman dan Budayawan ia juga berprofesi sebagai Dalang dalam pertunjukan wayang. Karya-karya seninya begitu banyak mulai dari musik, buku, film, lukisan, hingga pertunjukan-pertunjukan teater yang sering ia gelar.

Dalang nyentrik ini menempuh pendidikanya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan mengambil dua jurusan sekaligus yaitu Teknik Sipil dan Matematika ,namun sayangnya pendidikannya tak sampai selesai karena ia lebih memilih menekuni kariernya di dunia kesenian. Sempat 8 tahun menjadi wartawan di Harian Kompas kemudian setelah itu beralih menjadi seorang penulis, dalang, dan pemusik.


Karyanya yang nyentrik sering menjadi sorotan karena sering mengubah 'pakem-pakem' yang ada , salah satu contohnya : Dalam pertunjukan Ramayana Rahwana yang biasanya dikenal jahat dan bengis ia buat menjadi tokoh yang baik ,dan Pandawa tidak selalu benar. Tak hanya itu ia juga sering membuat sebuah karya seni yang menceritakan kondisi zaman pada saat ini, Contohnya dalam tulisannya di buku Rahvayana. Ia membuat tokoh Shinta yang cerita aslinya diculik oleh Rahwana dibuat menjadi seakan-akan Shinta lah yang memang 'gatal' ingin diculik oleh Rahwana, karena  zaman sekarang perempuan lebih suka lelaki yang 'badboy' dibandingkan yang 'good boy'.

Kini banyak yang mengenal dia sebagai seorang Politikus, karena dalam beberapa acaranya di televisi ia sering mengkritik hal-hal seputar politik .Namun demikan, ia menolak untuk panggilan tersebut, ia lebih nyaman dikenal sebagai seorang Budayawan atau seorang Seniman .


Nah sobat JOBS ! itu tadi sedikit profil singkat dari seorang Seniman nyentrik, yang memiliki segudang karya dari berbagai bidang kesenian yaitu, Sujiwo Tejo . Selain aktif dalam membuat karya seni, Presiden Republik Jancukers ini juga aktif dalam berbagai media sosial loh sobat JOBS ! Seperti Twiter dan Instagram . 








Penulis : Sigit Wibowo






Tidak ada komentar untuk "Mengenal Sedikit Tentang Presiden Republik Jancukers"