JELANG VAKSINASI, VAKSIN CHINA SUDAH TIBA DI INDONESIA


 

Hai Sobat JOBS!

Pada hari Minggu lalu (6/12), sebanyak 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 telah tiba di Indonesia. Vaksin yang tiba di Indonesia merupakan buatan perusahaan Sinovac Biotech Ltd. asal China yang saat ini telah disimpan dalam fasilitas penyimpanan PT. Bio Farma di Bandung, Jawa Barat.

Sebelum dapat digunakan tentunya vaksin ini akan melalui pengujian secara klinis fase 3 terlebih dahulu serta mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pengujian BPOM penting untuk memperoleh izin penggunaan darurat atau Emergency Use of Authorization (EUA).

Vaksin Sinovac memiliki sifat sebagai inactivated vaccine, yang berarti vaksin ini merupakan bentuk lemah atau inaktivasi dari virus yang akan memancing respon imun. Melalui keterangan pers virtual di kanal youtube Sekretariat Presiden (27/11), Dr. Reisa Brotoasmoro mengatakan “Vaksin ini adalah sebagai upaya pencegahan. Jadi, diberikan saat kita sehat. Berbeda dengan obat yang diberikan setelah kita sakit”.





Target utama pemberian vaksin ini yaitu para tenaga kesehatan serta tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan. Kementerian kesehatan telah mempersiapkan jumlah target dan kebutuhan vaksin per Kabupaten / Kota.



Lalu gimana sih cara kerja vaksin di dalam tubuh ?

Ketika vaksin dimasukkan ke dalam tubuh, tubuh akan memproses pembuatan imun atau kebal terhadap suatu penyakit di dalam tubuh seseorang. Badan akan dirangsang dan menghasilkan antibodi dan membuat sel memori saat virus masuk ke dalam tubuh lagi.

Vaksin bukan hanya bekerja pada masing-masing tubuh seseorang saja, tetapi juga mampu melindungi seluruh populasi manusia. Jika banyak orang melakukan vaksinasi, maka peluang untuk terjangkit penyakit tertentu menjadi sangat rendah. Hal tersebut yang juga membawa manfaat bagi seseorang yang tidak melakukan vaksinasi. Jika bakteri atau virus tidak memiliki inang yang mumpuni untuk tinggal dan berkembangbiak, maka bakteri dan virus akan mati seluruhnya.

 

Nah Sobat JOBS, semoga saja dengan kabar datangnya vaksin COVID-19 di Indonesia menjadi sebuah angin segar untuk masyarakat dan memutus perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia. Yuk sama-sama kita tetap terapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak) dan ingatkan teman-teman sekitar kita dan keluarga ya. 


Penulis    : Addinda Zen | editor    : Dian Riska

Tidak ada komentar untuk "JELANG VAKSINASI, VAKSIN CHINA SUDAH TIBA DI INDONESIA"