APAKAH KAMU YAKIN SUDAH MENGENAL SPONGEBOB SQUAREPANTS ?

 



Hai Sobat JOBS!

Siapa sih yang gak kenal dengan sosok kuning Spongebob Squarepants? Kartun yang dirilis tahun 1999 ini menjadi salah satu kartun yang paling laris dan digemari anak-anak hingga sekarang lho. Mengambil tema kehidupan dibawah laut beserta makhluk hidup didalamnya, Kartun ini pertama kali tayang di stasiun televisi Amerika, yaitu Nickelodeon.

Tapi apa kamu tahu? Ternyata banyak fakta-fakta menarik tentang Spongebob Squarepants dan teman-temannya yang jarang diketahui banyak orang lho. Penasaran gak sih?  Yuk simak artikel di bawah ini !

            1. Ahli Biologi Laut

Siapa sangka pencipta kartun Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg merupakan seorang pengajar biologi laut di Ocean Institute. Pada saat itu Hillenburg yang juga memiliki ketertarikan dengan seni menulis komik berjudul The Intertidal Zone. Menariknya, komik ini awalnya digunakan Hillenburg untuk mengajari muridnya mengenai kehidupan hewan kolam pasang, hingga pada akhirnya beberapa karakter di komik tersebut dijadikan karakter animasi di kartun Spongebob Squarepants. 



           2. Spongeboy bukan Spongebob

Awalnya Hillenburg menggunakan nama “SpongeBoy” untuk karakter utamanya, dan bahkan ingin menggunakan “SpongeBoy Ahoy!” sebagai nama acaranya. Namun karena pada saat itu terdapat produk kain lap yang menggunakan nama serupa, akhirnya Hillenburg memutuskan untuk tetap menggunakan kata “Sponge” agar penonton tidak mengira bahwa karakter tersebut adalah Manusia Keju, dan menambahkan “bob” pada akhirannya. Sedangkan untuk nama “Squarepants” diambil dari celana yang digunakan karakter tersebut yang berbentuk kotak. 



            3. Tantrum Patrick Star

Patrick Star digambarkan sebagai bintang laut yang tinggal di batu dan memiliki sifat setia kawan. Walaupun ditampilkan sebagai periang, ternyata Patrick Star mempunyai tantrum lho Sobat JOBS! Tantrum itu apa sih? Tantrum merupakan ledakan emosi ketika keinginannya tidak terpenuhi. Salah satu episode yang menampilkan ledakan emosi Patrick terdapat pada episode “Valentine’s Day”.



           4. Bukan Gurita atau Cumi- Cumi

Squidward Tentacles adalah salah satu tetangga Spongebob yang mempunyai tentakel layaknya seekor gurita. Namun tahukah sobat JOBS, Squidward ternyata bukan sepenuhnya gurita atau cumi-cumi, sebab ia hanya memiliki enam tentakel bukan delapan seperti seekor gurita dan cumi-cumi pada umumnya. Bukan tanpa alasan, para animator memutuskan tidak memberikan ia delapan tentakel karena akan membebaninya secara visual. 



            5. Kenapa Harus Nanas ?

Pernah gak sih kepikiran kenapa rumahnya Spongebob bentuk nanas? Apa hubungannya spons sama nanas? Nah usut punya usut, nanas merupakan buah yang umum di daerah Polynesia, kepulauan yang lokasinya dekat dengan lautan pasifik yang menjadi lokasi  Bikini Bottom. Stephen Hillenburg  pernah mengungkapkan, Spongebob diciptakan sebagai tokoh yang mempunyai bau seperti nanas, Spongebob juga sangat menyukai buah nanas, maka dari itu buah nanas dapat merefleksikan karakter dari spons berwarna kuning ini. Kalo Sobat JOBS bisa punya rumah bentuk buah, kira-kira buah apa yang menarik ya? 



Itu tadi beberapa fun fact tentang Spongebob dan teman-temannya. Ternyata beberapa karakter dan atribut tambahan di dalam kartun animasi Spongebob, punya makna tersendiri ya dalam penciptaannya!



Penulis : Helmi Adam | editor : Dian Riska


Tidak ada komentar untuk "APAKAH KAMU YAKIN SUDAH MENGENAL SPONGEBOB SQUAREPANTS ? "