5 MANFAAT OLAHRAGA PAGI SEBELUM BERAKTIVITAS


 

Hai Sobat JOBS! 

Selain makanan bergizi, olahraga juga penting loh untuk jaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita. Di masa sekarang, banyak masyarakat yang mulai membiasakan diri untuk bersepeda, jogging, dan workout di rumah sebagai alternatif untuk berolahraga. Tapi Sobat JOBS tau gak sih, waktu yang paling pas untuk berolahraga tuh kapan? Nah, menurut British Journal of Sport Medicine, olahraga di pagi hari bisa meningkatkan fokus dan perhatian kita nih. Selain itu, olahraga di pagi hari juga terhindar dari berbagai gangguan, misalnya telepon untuk keperluan pekerjaan, meeting, dan kegiatan lainnya. Enaknya lagi, udara di pagi hari tuh masih seger banget Sobat JOBS!

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika olahraga di pagi hari, bakal kita jelasin di artikel di bawah ini, check it out!


1. Good Mood Seharian

Sobat JOBS udah tau belum kalau di tubuh kita ada hormon-hormon yang bisa mengelola perasaan dan suasana hati kita? Ada hormon endorfin yang berfungsi untuk memicu perasaan positif dan mengurangi rasa sakit/stress, terus ada juga hormon serotonin sebagai pengantar sinyal antarjaringan saraf sekaligus mengatur suasana hati, dan hormon dopamine yang disebut hormon pengendali emosi. Nah hormon-hormon ini akan dilepaskan dan meningkat ketika kita berolahraga, sehingga efek suasana hati yang menyenangkan bisa kita dapatkan setelahnya. Buat Sobat JOBS yang suka bete atau badmood seharian, bisa nih mulai dibiasain olahraga pagi-pagi! 


2. Isi Ulang Energi

Olahraga berdampak langsung pada sistem saraf pusat. Menurut Patrick O’Connor dalam studi penelitian di University of Georgia, olahraga merupakan cara agar orang merasa lebih energik, dan lebih banyak keuntungannya dibanding konsumsi kafein atau minuman berenergi. Tidak perlu olahraga berat, hanya jogging sederhana atau jalan santai di pagi hari dapat meningkatkan energi hingga 20%. Ini disebabkan oleh aliran darah yang meningkat, sehingga membantu jaringan otot mendapatkan oksigen dan nutrisi. 


3. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah normal, umumnya tidak melebihi angka 120/80 mm. Sementara angka yang lebih dari 140/90 mm termasuk dalam tekanan darah tinggi. Olahraga akan membentuk jantung yang kuat, sekaligus pembuluh darah yang sehat, sehingga tekanan darah yang normal akan terjaga. Hasil penelitian menunjukkan tekanan darah sekelompok orang yang memulai olahraga senam di jam 7 pagi turun hingga 10%. Selain senam pagi, salah satu olahraga yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah yaitu berenang. Jumlah penurunan tekanan darah yang dihasilkan setelah berenang sama dengan olahraga jogging atau bersepeda. 


4. Kualitas Tidur Meningkat

Tidur yang berkualitas itu ketika kita tidur 7-8 jam dan tidak terbangun lebih dari satu kali. Lalu, ketika bangun, tubuh akan terasa segar kurang dari 20 menit. Tidur yang baik dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Nah, olahraga dapat memicu peningkatan suhu tubuh, sedangkan pasca (setelah) olahraga suhu tubuh akan turun, sehingga menyebabkan rasa kantuk. Tapi ingat Sobat JOBS, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, harus bersamaan dengan kualitas olahraga yang baik alias teratur juga ya!


5. Terbiasa Hidup Sehat

Siapa sih yang gak mau hidup sehat? Hidup sehat bukan hanya untuk terhindar dari berbagai penyakit, tetapi juga sehat secara mental ya. Olahraga teratur setiap pagi merupakan langkah awal untuk memulai hidup yang sehat loh! Karena satu kegiatan di pagi hari akan mempengaruhi kegiatan di sisa hari itu. Selain menjaga olahraga, pastikan makan makanan yang bergizi dan hindari konsumsi zat-zat yang bisa membahayakan tubuh, ya! Jadi kalau Sobat JOBS mau hari-harinya lebih produktif dan sehat, yuk mulai hari dengan berolahraga! 


Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari berolahraga pagi-pagi. Gimana Sobat JOBS? Tertarik untuk memulai olahraga teratur setiap pagi? 



Penulis : Addinda Salsabila Zen | editor : Rio Rizky