Hidup Bersih dan Sehat Melawan Virus Corona



Hallo Sobat JOBS !

Sudah beberapa bulan  virus corona atau lebih dikenal dengan COVID-19 ini, merambah hampir ke seluruh dunia. Awal mula dari kota Wuhan di Negara China lalu merebak ke Negara-Negara yang lain.

Pemerintahan RI melalui Presiden Joko Widodo maupun Pemda, telah menghimbau agar masyarakat melakukan segala aktifitas dan menghindari keramaian. “Sekarang saatnya, Bekerja dari rumah, Belajar dari rumah, Beribadah dari rumah”, ujar Presiden dan Pemda.

Lantas, #dirumahaja lebih baik dari pada mengobati, saat ini vaksin dan obat untuk virus corona COVID-19 memang masih belum ditemukan. Satu-satunya cara untuk terhindar dari COVID-19 tersebut adalah dengan meningkatkan Imunitas Tubuh.

Oleh karna itu, Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat penting untuk menjaga kesehatan kita saat ini agar virus corona tidak semakin parah.
Nah bagaimana sih trik sederhana yang bisa di terapkan untuk hidup bersih dan sehat melawan virus corona? Mencegah agar tidak tertular virus corona? Berikut detailnya:


1. Rajin mencuci tangan dengan sabun


Source : Google


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan tenaga medis di seluruh dunia menyarankan kita untuk rajin mencuci tangan setidaknya 20-30 detik, dengan mencuci tangan menggunakan sabun selama 20-30 detik efektif membersihkan Bakteri,  Kuman, dan Virus.

Ahli Gizi Komunitas Tan Shot Yen mengatakan, cuci tangan harus menggunakan sabun dan dikeringkan. Menurut Tan, ada dua alasan kenapa kita harus mencuci tangan dengan sabun.

"Pertama, sabun punya kemampuan Amphipatic, yakni membawa molekul yang saling melarutkan seperti gula dalam air dan yang tidak saling larut seperti minyak dan air," kata Tan

Alasan kedua, tangan bersabun otomatis membuat kulit terpapar air lebih lama untuk membilasnya. Hal ini secara tidak langsung membantu menghilangkan lebih banyak kuman dan kotoran.

2. Memakai masker mulut

Source : Google

Ada dua tipe 
masker yang umum digunakan, yaitu masker bedah dan masker N95. Masker bedah dapat dijadikan pilihan untuk mencegah dikarenakan Masker N95 cenderung lebih tebal dan sangat ampuh dalam menyaring partikel udara, termasuk virus corona. Namun, masker ini harus menempel ketat ke wajah, menutupi hidung dan mulut, sehingga tidak nyaman untuk digunakan.



Masker N95 tidak dirancang untuk anak-anak, sehingga ukurannya akan terlalu besar jika dipakai oleh anak. Hal ini akan membuat pemakaian masker N95 tidak efektif dalam melindungi anak dari kuman penyakit, termasuk virus corona.

3. Istirahat yang cukup

Source : Google

Nah saat ini kan  himbauan dari pemerintah untuk tidak beraktifitas diluar rumah, jadi bisa sobat JOBS manfaat kan untuk istirahat yang cukup. Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Sehingga semua manusia membutuhkan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup. Orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-8 jam. Sedangkan remaja membutuhkan 9-10 jam tidur dalam sehari.


4.Perbanyak makan sayur dan buah.
Source : Google

Buat sobat
JOBS dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran. buah yang banyak mengandung vitamin seperti Manggis, Matoa, atau Markisa sebagai penangkal virus. dan sayuran seperti Bayam, Brokoli, Jahe yang mengandung serat dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.


Buah banyak mengandung vitamin, sedangan sayur banyak mengandung serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita. Menurut penelitian orang yang lebih banyak makan buah lebih tidak mudah sakit.
5.Olahraga.
Source : Google
Olahraga sangat berguna bagi tubuh kita. Tidak hanya sehat, dengan berolahraga, orang juga dipercaya akan merasa lebih bahagia. Disarankan untuk rutin olahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Bisa dengan Push Up, Sit Up, Squat Thrust, Senam, Yoga dan sebagainya.

Nah, itu dia tadi beberapa informasi hidup bersih dan sehat melawan virus corona COVID-19, semoga virus nya bisa cepat ditangani dan berhenti penyebarannya, dan jangan lupa sobat JOBS hidup bersih dan sehat Yak!

-Penulis: Helmi Adam | Editor: Andre Firio

Tidak ada komentar untuk "Hidup Bersih dan Sehat Melawan Virus Corona "