Fakta-Fakta Virus Corona yg Sedang Mendunia.



Halo Sobat Jobs!

Ngomongin tahun baru nih, udah banyak banget fenomena atau kehebohan yang terjadi di awal tahun 2020, misalnya fenomena banjir di awal bulan Januari, terus ada comeback dari aplikasi TikTok yang mulai rame di berbagai dunia, sampe yang paling serius dan lumayan mengerikan nih yaitu munculnya virus yang konon mematikan namanya Virus Corona. 

Nah apa sih Virus Corona itu? Apa benar virus ini mematikan? Trus, kok bisa ya muncul tiba-tiba? Asalnya darimana?

Penasaran kan, karena itu kita akan kasih beberapa fakta tentang Virus Corona untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian.

Yuk di simak langsung!


1. Muncul di Wuhan, China

Menurut kabar yang beredar Virus Corona atau nama lainnya Virus 2019-nCoV ini asalnya dari hewan-hewan liar. Para Ilmuwan memperkirakan ular liar yang dijual di sebuah pasar di Wuhan, merupakan hewan yang menularkannya pada manusia. Hingga tanggal 27 Januari 2020, jumlah pasien yang dipastikan terjangkit Virus Corona mencapai 2.744 orang.

Media pemerintah setempat mengatakan lebih dari 300 di antara mereka sakit kritis. Untuk Kota Wuhan sendiri, kini dinyatakan tertutup dan sejumlah kota menetapkan larangan perjalanan.

Dan kabarnya, Sobat JOBS, beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang menimba ilmu di kota Wuhan juga berdiam di kamar, dan hanya keluar untuk membeli makan atau keperluan penting saja. Wah kita doakan semoga mereka baik-baik aja ya..

2Punya berbagai Cara Penularan

Nah penyebaran Virus Corona gak cuma lewat hewan aja Sobat JOBS, melainkan juga bisa melalui beberapa cara penularan lainnya yaitu :

1. Dari Cairan

Air atau Cairan yang bisa menularkan itu misalnya seperti air liur yang keluar saat berbicara, batuk, ataupun bersin. Kalau sekiranya ada yang batuk atau bersin sebaiknya menjauh dan menutup hidung ya, untuk meminimalisir penyebaran virus ini atau virus lainnya.

2.Dari Udara


Virus Corona ini hampir sama nih kaya virus flu, bisa menyebar melalui udara dan menular dari orang ke orang.

3.Dari Kontak

Bukan kontak hp ya Sobat JOBS, melainkan kontak fisik atau selaput lendir (seperti mata, luka yang terbuka, atau lidah). Dan bahkan orang yang tinggal serumah dengan pasien, rentan untuk tertular.

3. Masih keluarga besar MERS dan SARS

Buat Sobat JOBS yang asing dengan Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV)Ini adalah penyakit infeksi saluran pernapasan berat. Pada November 2002 Virus SARS sendiri muncul dan menjangkit 8.098 orang dari berbagai negara. Untuk MERS kenapa disebut Middle East, karena memang penderitanya saat itu adalah orang-orang yang baru pulang bepergian dari negara Timur Tengah, Sobat JOBS. Gejala Virus Corona sendiri disebut-sebut mirip SARS, yaitu antara lain demam, batuk, dan kesulitan bernafas. 

Namun yang membedakan adalah tidak adanya gejala saluran pernapasan atas (pilek, bersin, dan sakit tenggorokan), serta gejala usus (diare).

4. Vaksin yang sedang dikembangkan

Kalau biasanya flu itu ada obat yang bisa langsung dibeli di apotek, nah, kabarnya vaksin atau obat untuk Virus Corona ini belum ditemukan.  Jadi untuk saat ini, para ilmuwan di China, AS, Kanada, Australia dan juga peneliti di seluruh dunia sedang berjuang, untuk menemukan vaksin guna mengatasi Virus Corona yang efektif dalam waktu sesegera mungkin. Coalition Epidemic Preparedness Innovations (CEPI), organisasi nirlaba global yang membantu mengembangkan vaksin untuk Virus Corona, sudah men-target-kan untuk menemukan vaksin yang siap dicoba manusia dalam waktu 16 pekan kedepan. 

5. Banyak beredar hoax seputar Virus Corona

Saat mulai ramai dibicarakan, banyak berita yang tidak benar atau hoax mengenai virus ini. Mulai dari kabar yang bilang kalau virus ini merupakan senjata biologis yang sengaja dibuat, terus ada juga kabar yang bilang kalau bawang putih bisa menyembuhkan Virus Corona, sampai yang paling lucu katanya, Virus Corona bisa menyebar melalui barang-barang yang di produksi di China. Kalau udah kaya gini, penting banget sih buat kita menyaring dan memilah lagi informasi yang kita dapat dari berbagai sumber ya Sobat JOBS!

PENCEGAHAN!


Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati, kita mau kasih tau nih mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terinfeksi Virus Corona yaitu :

1. Membersihkan tangan dengan rutin, terutama saat ingin menyentuh mulut, hidung dan mata, serta  setelah memegang fasilitas umum. 



2. Mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas kurang lebih selama 20 detik. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, gunakan alkohol 70-80% hand rub.

3. Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk dan gunakan masker medis ketika memiliki gejala saluran pernafasan segera berobat ke dokter atau layanan kesehatan.

Nah,  itu dia tadi beberapa fakta atau informasi mengenai Virus Corona. Semoga virus nya bisa cepat ditangani dan berhenti penyebarannya ya. Jangan lupa jaga kesehatan selalu ya Sobat JOBS!





-Penulis: Addinda Salsabila Zen | Editor: Dian Hasanah














































Tidak ada komentar untuk "Fakta-Fakta Virus Corona yg Sedang Mendunia."