10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Mimpi


Photo by Ali Abdul Rahman on Unsplash

Apakah kamu pernah atau sering bermimpi saat tidur? Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat. Menurut ungkapan umum, mimpi adalah bunga tidur. Dikutip dari womantalk.com, ada 10 fakta unik dan menarik tentang mimpi.

1.    Waktu bermimpi sering terjadi dini hari.

Apa kamu pernah mengalami, ketika sedang asyik bermimpi, tiba-tiba saja kamu terbangun karena suara alarm dari jam beker? Atau ketika sedang mimpi bertemu seseorang yang dirindukan, yang cintanya bertepuk sebelah tangan, kamu terbangun karena dibangunkan untuk mandi, karena ada kuliah pagi? Tak perlu heran jika banyak yang mempunyai pengalaman seperti ini ya. Ini bukan karena kamu sedang patah hati kok, penelitian menunjukkan bahwa waktu bermimpi sering terjadi pada dini hari. Kurun waktu mimpi tersebut bisa terjadi hingga 45 menit sebelum kamu bangun tidur. Yah….

2.    Ada limit waktu untuk mengingat mimpi.

“Rin, aku tadi mimpiin si Rendy” ujar Tiara kepada Rina

“Mimpi apa?”

“Aku lupa tapinya, ingetnya ada muka Rendy doang”

Apakah kamu pernah mengalami lupa akan mimpi yang mau diceritakan ke temen kamu seperti Tiara? Tenang, itu bukan berarti kamu mulai pikun kok. Menurut penelitian. ternyata ada batas waktu untuk bisa mengingat mimpi kamu loh. Dalam jangka waktu 5 menit setelah bangun kamu biasanya bisa mengingat sebagian besar mimpi. Namun, setelah 10 menit ingatan tersebut biasanya pudar.

3. Anda menghabiskan waktu hingga 2 jam untuk bermimpi.

Rata-rata manusia menghabiskan waktu 1-2 jam dari waktu tidurnya untuk bermimpi. Jika kamu biasa tidur 7 jam per hari, maka 2 jam dari waktu tidur tersebut biasanya terpakai untuk bermimpi.


4.    Mimpi cenderung negatif.

Hayo, siapa yang suka mimpi dikejar-kejar sama monster? Fyi, berdasarkan studi yang dimuat di jurnal US National Library of Medicine National Institutes of Health, manusia cenderung mengalami mimpi yang negatif daripada mimpi yang bahagia. Dari studi terhadap 153 responden tersebut, lebih dari 50% responden mengaku sering mengalami mimpi buruk di dalam tidur mereka.

5.    Burung pun bermimpi.

Mimpi tak hanya menjadi aktivitas eksklusif yang hanya dirasakan oleh manusia. Ternyata setelah diteliti, burung pun mengalami aktivitas rapid eye movement (REM) yang mengindikasikan bahwa mereka juga mempunyai mimpi.

6.    Mimpi tidak berkaitan dengan penglihatan.

Ternyata teman-teman kita yang tidak dapat melihat atau tunanetra juga memiliki mimpi loh. Namun, mimpi mereka biasanya tidak memiliki wujud dan lebih mirip kepada semburat warna yang cerah.

7.    Orang yang mendengkur tidak bermimpi
Di sini siapa yang kalau tidur, sambil bernyanyi lewat tenggorokan, atau ngorok? Hayo ngaku. Ada penelitian nih yang mengatakan, bahwa orang yang tidur dengan mendengkur, dapat dipastikan kalau orang tersebut tidak sedang bermimpi.

8.    Kamu bisa memiliki banyak mimpi dalam satu malam

Pernah ngerasain mimpi yang gak jelas gak? Misal lagi mimpi jadi ratu di istana yang megah, tau tau ganti jadi bawang putih yang selalu disiksa bawang merah? Terus tiba-tiba, mimpi bisa naik karpet terbang? Gausah khawatir kamu orang yang aneh ya, karena dalam satu malam, tiap orang bermimpi lebih dari sekali, dan tentunya kamu nggak bisa mengingat semua mimpimu itu. Diperkirakan seumur hidup, manusia bisa memiliki lebih dari 100 ribu mimpi. Wah, banyak juga ya.  

9.     Mimpi berulang adalah cara pikiran memberitahukanmu
     sesuatu

Apa kamu pernah, mengalami mimpi yang sama berulang kali? Seperti melihat orang yang sama dalam mimpi? Kalo iya, coba deh kamu cari pesan yang terkandung dalam mimpimu itu. Soalnya bisa jadi itu adalah cara pikiran untuk memberitahukan kamu sesuatu. Siapa tau, bisa jadi pertanda, jodoh kamu udah dekat.

10. Kamu hanya akan memimpikan hal yang kamu ketahui

Apa kamu pernah merasa memimpikan atau bertemu dengan orang asing? Sebenarnya nih, tempat dan orang-orang tersebut nggak asing, kamu pasti pernah berada di sana dan bertemu dengan orang tersebut. Hanya saja, kamu tidak mampu buat mengingatnya.


Nah, itu tadi merupakan 10 fakta unik mimpi yang bisa menjawab segala pertanyaan kamu tentang mimpi. Jadi, jangan takut bermimpi ya.

Tidak ada komentar untuk "10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Mimpi"